Senin, 28 Januari 2013

Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (POPNAS) adalah kejuaraan multi even dikalangan pelajar yang berlangsung 2 tahunan, pada Tahun 2011 ini adalah yang kesebelas kalinya diselenggarakan oleh Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga RI yangberlangsung tanggal 29 September s/d 6 Oktober 2011.

Pada POPNAS 2011 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah 18 cabang olahraga (Atletik, Senam, Renang, Bola Voli, Bola Basket, Sepakbola, Sepak takraw, Tenis meja, Tenis lapangan, Panahan, Bulutangkis, Gulat, Judo, Tae Kwon Do, Pencak silat, Dayung, Angkat Besi, dan Voli Pasir) serta 1 cabang olahraga eksibisi (tinju). Jawa Timur memberangkatkan kontingennya sebanyak 354 orang atlet dan official untuk seluruh cabang olahraga, sebagai bahan informasi Jawa Timur  Juara Umum 4 kali berturut-turut mulai POPNAS Tahun 2005 di Medan, 2007 di Samarinda,  2009 di Yogyakarta dan  2011 di Riau.
Rekrutmen atlet dan pelatih dilaksanakan koordinasi dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang olahraga yang dipertandingkan pada POPNAS, Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) serta Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar daerah (PPLPD) serta Klub olahraga prestasi yang memiliki prestasi binaan Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Provinsi Jawa Timur yang memiliki potensi meraih medali emas pada even olahraga pelajar tingkat nasional. Sedang atlet yang dipersiapkan merupakan Juara Pada Pekan Olahraga Pelajar daerah (POPDA) yang dipadukan dengan seluruh potensi yang dimiliki oleh Jawa Timur. Setelah rekrutmen atlet dan pelatih peserta POPNAS XI Tahun 2011, langkah yang dilakukan pada awal Tahun 2011 adalah pemusatan latihan yang diselenggarakan pada masing-masing cabang olahraga, diberbagai tempat sentra pembinaan cabang olahraga.

Sebelum berangkat ke Riau, seluruh atlet Jawa Timur diberikan pembekalan maupun motivasi, agar dalam bertanding di even olahraga pelajar nasional dapat maksimal mencapai prestasi olahraganya. Pembekalan dilaksanakan di Asrama Haji Surabaya Jl. Sukolilo, dengan diawali Laporan Ketua Panitia menyampaikan cabang olahraga yang diikuti yaitu 19 cabang olahraga termasuk eksibisi, dilanjutkan dengan Pengarahan Bapak Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Bapak Asisten Kesejahteraan Masyarakat SETDAPROV. Jawa Timur Dr. EDI PURWINARTO, M.Si dalam sambutannya disampaikan beberapa hal antara lain

 http://dispora.jatimprov.go.id/beranda/50-olahraga-prestasi/162-pekan-olahraga-pelajar-tingkat-nasional-popnas-xi-tahun-2011

  


 

 



0 komentar: